clock

Jumat, 25 Mei 2012

Modifikasi Off-road

Land Rover Defender 90 2000, Laras Ati. Di mana keseimbangan dan keselarasan harus terjaga





Hidup haruslah seimbang antara kebutuhan jasmani dan rohaninya. Karenanya butuh penyegaran untuk keluar dari rutinitas harian. “Land Rover 90 ini merupakan salah satu contoh upaya menyelaraskan pikiran dan hati saya untuk sejenak keluar dari rutinitas,” tutur pemilik jip yang enggan disebutkan identitasnya ini. “Jip ini pun sekaligus menjadi penyeimbang bagi seorang kawan lama saya yang piawai membuat piranti dan aksesoris kendaraan sebagai hobi keluar dari rutinitas hariannya,” papar pria ramah ini.

Target utamanya memang sekedar sebagai jip perkotaan, namun bukan berarti lantas rendah diri saat diajak untuk beroff-road. “Kelamaan di jalanan on-road bisa membosankan lho..maka sekali-kali butuh penyegaran dengan menjamah medan off-road. Kendaraan ini juga harus laras ati.,” ujarnya tergelak.






Engine bay jip ini dihuni oleh sebongkah mesin TD 300 yang tak lain merupakan salah satu mesin legendaris dalam keluarga besar Land Rover. Performa mesin turbo diesel empat silinder inline ini dirasa sudah cukup pas, sehongga tidak diotak-atik sama sekali alias dibiarkan dalam kondisi standar.







Sepasang gardan rigid dan suspensi per keong asli bawaan Land Rover Defender yang telah teruji di ajang Camel Trophy tidak mengalami perubahan sama sekali.






Spesifikasi transmisi dan tranfercase copy-paste dengan yang tercantum pada brosur spesifikasi jip ini. Transmisi manual 5 percepatan ini dikolaborasikan dengan tranfercase fulltime yang dilengkapi dengan central differential locker.








Bumper depan asli sudah tidak nampak lagi, sebagai gantinya sebuah bullbar custom racikan seorang kawan bertengger mengantikan posisinya. Sebuah winch Warn 9.5 Ti dengan kondisi mulus nan rapih nampak terpasang di moncong jip tersebut. Selain itu sepasang lampu orisinal aksesoris Land Rover turut meramaikan tampilan depan.








Bumper belakang, rollbar, side bar sekaligus berfungsi sebagai footstep hingga tire hanger merupakan hasil karya seorang kawan. Karya ini dikerjakan tanpa target waktu, mengingat piranti-piranti ini juga merupakan suatu sarana penyerasan hati dan pengejawantahan hobi bagi sang pembuat.





 
 
Tidak ada perubahan yang berarti pada interior jip ini. Kalo pun ada sifatnya hanyalah sebatas tambahan saja seperti halnya pemasangan audio system yang mengandalkan head unit Kenwood DPX MP4050.





 

Ban Maxxis Bighorn berdiameter 32" melingkar mesra pada pelek racikan MRW. Lebih dari cukup untuk keperluan on-road maupun off-road.


SPESIFIKASI

Mesin                 : TD300 4 silinder inline Turbo Diesel

Transmisi           : 5 speed manual (OEM Land Rover)

Tranfercase       : Fulltime with central differential lock (OEM Land Rover )

Gardan              : OEM Land Rover

Winch                : Warn 9.5 ti

Auxiliary Lamp : Land Rover

Velg                   : MRW16x8

Ban                    : Maxxis Bighorn LT265/75/R16

Bengkel             : Dikerjakan sendiri
Penulis : Suryo Sudjatmiko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar