Land Rover Defender 90 2000, Laras Ati. Di mana keseimbangan dan keselarasan harus terjaga
Hidup haruslah seimbang antara
kebutuhan jasmani dan rohaninya. Karenanya butuh penyegaran untuk keluar
dari rutinitas harian. “Land Rover 90 ini merupakan salah satu contoh
upaya menyelaraskan pikiran dan hati saya untuk sejenak keluar dari
rutinitas,” tutur pemilik jip yang enggan disebutkan identitasnya ini.
“Jip ini pun sekaligus menjadi penyeimbang bagi seorang kawan lama saya
yang piawai membuat piranti dan aksesoris kendaraan sebagai hobi keluar
dari rutinitas hariannya,” papar pria ramah ini.
Target utamanya memang sekedar sebagai jip perkotaan, namun bukan berarti lantas rendah diri saat diajak untuk beroff-road. “Kelamaan di jalanan on-road bisa membosankan lho..maka sekali-kali butuh penyegaran dengan menjamah medan off-road. Kendaraan ini juga harus laras ati.,” ujarnya tergelak.
Target utamanya memang sekedar sebagai jip perkotaan, namun bukan berarti lantas rendah diri saat diajak untuk beroff-road. “Kelamaan di jalanan on-road bisa membosankan lho..maka sekali-kali butuh penyegaran dengan menjamah medan off-road. Kendaraan ini juga harus laras ati.,” ujarnya tergelak.
Engine bay jip ini dihuni oleh
sebongkah mesin TD 300 yang tak lain merupakan salah satu mesin
legendaris dalam keluarga besar Land Rover. Performa mesin turbo diesel
empat silinder inline ini dirasa sudah cukup pas, sehongga tidak
diotak-atik sama sekali alias dibiarkan dalam kondisi standar.
Sepasang gardan rigid dan suspensi per
keong asli bawaan Land Rover Defender yang telah teruji di ajang Camel
Trophy tidak mengalami perubahan sama sekali.
Spesifikasi transmisi dan tranfercase
copy-paste dengan yang tercantum pada brosur spesifikasi jip ini.
Transmisi manual 5 percepatan ini dikolaborasikan dengan tranfercase
fulltime yang dilengkapi dengan central differential locker.
Bumper depan asli sudah tidak nampak
lagi, sebagai gantinya sebuah bullbar custom racikan seorang kawan
bertengger mengantikan posisinya. Sebuah winch Warn 9.5 Ti dengan
kondisi mulus nan rapih nampak terpasang di moncong jip tersebut. Selain
itu sepasang lampu orisinal aksesoris Land Rover turut meramaikan
tampilan depan.
Bumper belakang, rollbar, side bar
sekaligus berfungsi sebagai footstep hingga tire hanger merupakan hasil
karya seorang kawan. Karya ini dikerjakan tanpa target waktu, mengingat
piranti-piranti ini juga merupakan suatu sarana penyerasan hati dan
pengejawantahan hobi bagi sang pembuat.
Tidak ada perubahan yang berarti pada
interior jip ini. Kalo pun ada sifatnya hanyalah sebatas tambahan saja
seperti halnya pemasangan audio system yang mengandalkan head unit
Kenwood DPX MP4050.
Ban Maxxis Bighorn berdiameter 32"
melingkar mesra pada pelek racikan MRW. Lebih dari cukup untuk keperluan
on-road maupun off-road.
SPESIFIKASI
Mesin : TD300 4 silinder inline Turbo Diesel SPESIFIKASI
Transmisi : 5 speed manual (OEM Land Rover)
Tranfercase : Fulltime with central differential lock (OEM Land Rover )
Gardan : OEM Land Rover
Winch : Warn 9.5 ti
Auxiliary Lamp : Land Rover
Velg : MRW16x8
Ban : Maxxis Bighorn LT265/75/R16
Bengkel : Dikerjakan sendiri
Penulis : Suryo Sudjatmiko
Tidak ada komentar:
Posting Komentar